Pada postingan kali ini saya akan
membuat suatu objek sederhana dari software blender 2.6. Suatu object tersebut
mengandung unsur 3D. Objek yang akan saya buat sebenernya hanya sebuah gelas. Nah,
sebelum kita membuat objek berupa gelas kita akan membahas sedikit tentang
program aplikasi blender.
Blender adalah aplikasi perangkat
lunak yang bersifat opensource untuk membuat gambar atau grafis 3Dimensi.
Blender muncul pada tahun 1995. Pada tahun 2001 perusahaan yang lebih kecil NaN
meluncurkan software komersial pertamanya yaitu Blender Publisher. Sayangnya
penjualan software Blender Publisher sangat rendah sehingga pengembangan
blender pun berhenti.
Pada tahun 2002 Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Akhirnya blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License dan terus berlanjut hingga saat ini.
Pada tahun 2002 Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Akhirnya blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License dan terus berlanjut hingga saat ini.
Oke, sekarang kita coba membuat
gelas menggunakan program aplikasi blender 2.60.
Tampilan utama blender seperti dibawah ini :
Nah, objek pertama yang kita add adalah Circle. Klik
Add>Mesh>Circle.
Kira-kira objeknya seperti dibawah ini :
Setelah gambar lingkaran muncul pada tampilan utama, kita ubah objek
mode menjadi edit mode.
Setelah mengubah objek mode menjadi edit mode, kita tarik ke atas tiap
titik pada lingkaran searah sumbu Z dengan cara menekan tombol E pada keyboard.
Kemudian kita tarik lagi tiap titik dengan menekan tombol E kemudian
tekan tombol S pada keyboard untuk mengatur skala ukuran diameter tengah nya.
Kita tarik tiap titik ke atas untuk membentuk pegangan pada gelas dengan
menekan tombol E pada keyboard searah sumbu Z.
Kita tarik lagi tiap titik dengan menekan tombol E kemudian tekan tombol
S.
Kita ulangi cara seperti di atas hingga terbentuk objek gelas.
Objek gelas sudah jadi gimana gampang kan ? hehe. Sekarang kita ingin
mewarnai Gelas tersebut. Pada sudut kanan menu utama seperti gambar di bawah
ini :
Klik scroll pada mouse lalu gerakkan ke kiri untuk menemukan menu
material.
Pada menu material,terdapat 4 menu yaitu Surface, Wire, Volume, dan Halo. kita klik diffuse pada menu Surface untuk mengatur warna pada objek tersebut.
Pada menu material,terdapat 4 menu yaitu Surface, Wire, Volume, dan Halo. kita klik diffuse pada menu Surface untuk mengatur warna pada objek tersebut.
Oke, Objek telah berhasil di warnai… gampang kan, hehe.
Manipulasi file
Ctrl+X : Membuat flie baru
F1 : Membuka File
Ctrl+O : Membuka file terakhir yang anda simpan
F2 : Menyimpan file dengan nama pilihan anda
Ctrl+W : Menyimpan file dengan menimpa file yang lama
F3 : Menyimpan file gambar hasil render
Shift+F1 : Mengimport objek dari file blender lainnya
Q : Keluar dari Blender
Manipulasi Tampilan
Numpad 1 : Tampilan dari depan
Numpad 2 : Merotasi tampilan ke bawah
Numpad 3 : Tampilan dari samping
Numpad 4 : Merotasi tampilan ke samping kiri
Numpad 5 : Tampilan perspektif/orthogonal
Numpad 6 : Merotasi tampilan ke samping kanan
Numpad 7 : Tampilan dari atas
Numpad 8 : Merotasi tampilan ke atas
Shift+MMB : Menggeser tampilan (pan)
Ctrl+MMB : Zoom in/zoom out
MMB : Rotasi tampilan
C : Menempatkan tampilan ke tengah
D : Menu tampilan bounding box, shaded atau wire mode
Z : Solid/wire view
Manipulasi Objek
Space : Membuka menu toolbox
Shift+S : Snap to
Tab : Masuk ke edit mode/objek mode
RMB : Seleksi objek
G : Meng “grap” objek
A : Seleksi/melepas seluruh objek/elemen
R : Merotasi Objek
S : Scale objek/elemen
Shift+D : Copy objek/elemen
X/Del : Menghapus pilihan
M : Memindahkan objek pada layer pilihan
Ctrl+LMB: Membuat vertex baru(editing mode)
F : Membuat face baru(editing mode)
E : Extrude(editing mode)
Shift+O : Sharp/smooth falloff
W : Operasi-operasi special
B : Seleksi kotak, tahan/tekan 2 kali untuk seleksi lingkaran
U : Undo
Ctrl+P : Sharp corner (untuk curve/NURBS editing)
Ctrl+P : memparent sebuah objek pada objek objek lainnya(objek mode)
Alt+P : Menghilangkan parent dari sebuah objek
Ctrl+N : Recalculate normal, memperkirakan arah face yang benar
Animasi
I : Menampilkan menu insert key
Alt+A : Menampilkan preview animasi
Ctrl+P : Sharp corner(untuk keyframe editing pada IPO window)
Demikianlah postingan saya kali ini tentang bagaimana membuat gelas menggunakan aplikasi blender. Selain itu saya memposting shorcut nya juga loh, hheheh ... Gimana gampang kan membuat objek nya. Semoga postingan saya kali ini dapat berguna bagi para blogger semua. Selamat mencoba.
sumber :
http://forum.blenderindonesia.org/index.php/535/edge-loop-shortcut
http://wiki.blender.org/index.php/Doc:2.6/Manual/3D_interaction/Navigating/3D_View_Options
like this yooo.. (y) ;)
BalasHapusThank's Infrom'a ya mbak :D
BalasHapusSudah bagus mbak, tinggal di render saja :)
BalasHapus