INTERACTIVE SYSTEM
Interactive System
Merupakan sebuah sistem yang dibuat agar memberikan informasi yang bersifat interaktif baik itu berupa hiburan, berita atau sebagainya. Selain dari segi program, terdapat bagian lain yang harus diperhatikan dalam interaktif sistem, tak lain dan tak bukan ialah user.
Peranan user sangatlah penting karena user merupakan sasaran utama dari pembuatan suatu program interaktif.
Interactive system memiliki beberapa bagian yang saling mendukung, yaitu interactive entertainment dan interactive program. Sekarang saya akan coba jelaskan sedikit tentang keduanya.
Merupakan sebuah sistem yang dibuat agar memberikan informasi yang bersifat interaktif baik itu berupa hiburan, berita atau sebagainya. Selain dari segi program, terdapat bagian lain yang harus diperhatikan dalam interaktif sistem, tak lain dan tak bukan ialah user.
Peranan user sangatlah penting karena user merupakan sasaran utama dari pembuatan suatu program interaktif.
Interactive system memiliki beberapa bagian yang saling mendukung, yaitu interactive entertainment dan interactive program. Sekarang saya akan coba jelaskan sedikit tentang keduanya.
Interactive Entertainment
Interactive entertainment lebih ditujukan pada usaha dalam memproduksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur kepada user sehingga user dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik.
Konsep yang digunakan dalam interactive entertainment ialah memberikan informasi dengan adanya kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dengan memberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, sehingga user dapat langsung berinteraksi dengan program yang telah dibuat.
Interactive Programs
Interactive programming adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.
Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user.
Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.
Interactive system juga lebih terdukung dengan adanya GUI (Graphical User Interface). Berperan sebagai apa sajakah GUI tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.
Interactive entertainment lebih ditujukan pada usaha dalam memproduksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur kepada user sehingga user dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik.
Konsep yang digunakan dalam interactive entertainment ialah memberikan informasi dengan adanya kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dengan memberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, sehingga user dapat langsung berinteraksi dengan program yang telah dibuat.
Interactive Programs
Interactive programming adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.
Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user.
Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.
Interactive system juga lebih terdukung dengan adanya GUI (Graphical User Interface). Berperan sebagai apa sajakah GUI tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.
GUI (Graphical
User Interface)
GUI
atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model
interaksi antara manusia dan komputer.
FUNGSI GUI
Dari pemahaman tentang GUI
sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini
sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek
khususnya komputer :
(1). Pointing
device dengan perangkat berupa mouse.
(2). Memiliki
fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan
uninstall hardware/sofware (sinkronisasi).
(3). Membuat
software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat
digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet.
sound, graphic dan lain-lain.
(4). Untuk
digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.
(5). Pembuatan
website.
(6).
Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar
lainnya.
KOMPONEN
– KOMPONEN GUI :
Komponen GUI mewarisi kelas JComponent,
antara lain:
Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton,
JmenuItem
Combo box : Jcombobox
Label :
Jlabel
List : Jlist
Menu : JMenu, J MenuItem
Tabel : Jtabel
Text Field : JtextField
EVENT
Event adalah kejadian yang muncul ketika user berinteraksi
dengan aplikasi. Macam – macam event pada GUI (Graphical User Interface) :
Event Source
Komponen GUI yang membuat event
atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button,
combo box, text field, etc.
Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk
mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat
bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.
Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima
dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi
penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user
berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field,
dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul,
seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan
oleh class Event.
Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang
menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada
event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event
Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan
didefenisikan pada blok Event Handler.
Dipandang dari konsep struktur interactive programs, event dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan yang signifikan.
Pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu
penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus
dihentikan selama penulisan ulang dari program. Hal tersebut berbeda
dengan event dari standard programming yang bersifat kebalikannya.
Kesimpulan
Jadi GUI
sangat jelas kaitanya dengan kegiatan penggunaan suatu aplikasi dalam komputer
yang sering digunakan. Dalam hal ini, GUI mempermudah user dalam penggunaannya,
dengan tampilan yang friendly serta ergonomis, user dengan mudah dapat
menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI membantu didalam interface yang dapat
dipahami penggunaannya. Sehingga antara user dan sistem, tidak terjadi
misscommuncation dalam menerapkan sistem komputerisasi.
REFERENSI :
REKAN KERJA:
0 komentar:
Posting Komentar