Senin, 03 Juni 2013

TUGAS SOFTSKILL KETIGA SEMESTER 6

Diposting oleh AYU FITRIYANTI di 6/03/2013 09:39:00 PM


INTERACTIVE SYSTEM

Interactive System

Merupakan sebuah sistem yang dibuat agar memberikan informasi yang bersifat interaktif baik itu berupa hiburan, berita atau sebagainya. Selain dari segi program, terdapat bagian lain yang harus diperhatikan dalam interaktif sistem, tak lain dan tak bukan ialah user.


Peranan user sangatlah penting karena user merupakan sasaran utama dari pembuatan suatu program interaktif.

Interactive system memiliki beberapa bagian yang saling mendukung, yaitu interactive entertainment dan interactive program. Sekarang saya akan coba jelaskan sedikit tentang keduanya.

Interactive Entertainment

Interactive entertainment lebih ditujukan pada usaha dalam memproduksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur kepada user sehingga user dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik.

Konsep yang digunakan dalam interactive entertainment ialah memberikan informasi dengan adanya kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dengan memberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, sehingga user dapat langsung berinteraksi dengan program yang telah dibuat.

Interactive Programs

Interactive programming adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.

Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user.

Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.

Interactive system juga lebih terdukung dengan adanya GUI (Graphical User Interface). Berperan sebagai apa sajakah GUI tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.


GUI (Graphical User Interface)
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer.

FUNGSI GUI
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :

(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse.
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi).
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.
(5). Pembuatan website.
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.


KOMPONEN – KOMPONEN GUI :
Komponen GUI mewarisi kelas JComponent, antara lain:

Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton, JmenuItem

Combo box : Jcombobox 

 Label : Jlabel 
 List : Jlist
 Menu : JMenu, J MenuItem

 Tabel : Jtabel

 Text Field : JtextField



EVENT

Event adalah kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi. Macam – macam event pada GUI (Graphical User Interface) :

Event Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.

Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.

Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.

Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan oleh class Event.

Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
 
Dipandang dari konsep struktur interactive programs, event dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan yang signifikan.
Pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program. Hal tersebut berbeda dengan event dari standard programming yang bersifat kebalikannya.

Kesimpulan

Jadi GUI sangat jelas kaitanya dengan kegiatan penggunaan suatu aplikasi dalam komputer yang sering digunakan. Dalam hal ini, GUI mempermudah user dalam penggunaannya, dengan tampilan yang friendly serta ergonomis, user dengan mudah dapat menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI membantu didalam interface yang dapat dipahami penggunaannya. Sehingga antara user dan sistem, tidak terjadi misscommuncation dalam menerapkan sistem komputerisasi.
 

REFERENSI :






REKAN KERJA:


0 komentar:

Posting Komentar

Senin, 03 Juni 2013

TUGAS SOFTSKILL KETIGA SEMESTER 6



INTERACTIVE SYSTEM

Interactive System

Merupakan sebuah sistem yang dibuat agar memberikan informasi yang bersifat interaktif baik itu berupa hiburan, berita atau sebagainya. Selain dari segi program, terdapat bagian lain yang harus diperhatikan dalam interaktif sistem, tak lain dan tak bukan ialah user.


Peranan user sangatlah penting karena user merupakan sasaran utama dari pembuatan suatu program interaktif.

Interactive system memiliki beberapa bagian yang saling mendukung, yaitu interactive entertainment dan interactive program. Sekarang saya akan coba jelaskan sedikit tentang keduanya.

Interactive Entertainment

Interactive entertainment lebih ditujukan pada usaha dalam memproduksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur kepada user sehingga user dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik.

Konsep yang digunakan dalam interactive entertainment ialah memberikan informasi dengan adanya kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dengan memberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, sehingga user dapat langsung berinteraksi dengan program yang telah dibuat.

Interactive Programs

Interactive programming adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.

Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user.

Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.

Interactive system juga lebih terdukung dengan adanya GUI (Graphical User Interface). Berperan sebagai apa sajakah GUI tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.


GUI (Graphical User Interface)
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer.

FUNGSI GUI
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :

(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse.
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi).
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.
(5). Pembuatan website.
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.


KOMPONEN – KOMPONEN GUI :
Komponen GUI mewarisi kelas JComponent, antara lain:

Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton, JmenuItem

Combo box : Jcombobox 

 Label : Jlabel 
 List : Jlist
 Menu : JMenu, J MenuItem

 Tabel : Jtabel

 Text Field : JtextField



EVENT

Event adalah kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi. Macam – macam event pada GUI (Graphical User Interface) :

Event Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.

Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.

Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.

Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan oleh class Event.

Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
 
Dipandang dari konsep struktur interactive programs, event dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan yang signifikan.
Pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program. Hal tersebut berbeda dengan event dari standard programming yang bersifat kebalikannya.

Kesimpulan

Jadi GUI sangat jelas kaitanya dengan kegiatan penggunaan suatu aplikasi dalam komputer yang sering digunakan. Dalam hal ini, GUI mempermudah user dalam penggunaannya, dengan tampilan yang friendly serta ergonomis, user dengan mudah dapat menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI membantu didalam interface yang dapat dipahami penggunaannya. Sehingga antara user dan sistem, tidak terjadi misscommuncation dalam menerapkan sistem komputerisasi.
 

REFERENSI :






REKAN KERJA:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

WELCOME IN MY WORLD Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review